MusiRawas.com

Vidcon Bupati dengan Kementerian, Kebijakan Anggaran Terkait Dampak Virus Covid-19

AGROPOLITAN CENTER – | Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan didampingi jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti acara Video Conference bersama Gubernur, Walikota dan Bupati se- Indonesia, mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dengan Menku RI Sri Mulyani, Mendagri, Tito Karnavian dan Menkes RI melalui Video Conference mengunakan Aplikasi Zoom di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 dan Tata Cara Refocusing serta Realokasi pada APBD Tahun Anggaran 2020.

Yang bertempat di Ruang Bina Praja Setda Kabupaten Musi Rawas, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Jum’at, 17 April 2020.

Dalam hal itu Menteri Keuangan Sri Mulyani, menyampaikan ada Pemotongan atau Penghentian Belanja tidak penting, dalam Penerapan Anggaran yang ada. Mengapa Pemerintah harus melakukan perubahan karena APBD mengalami Perubahan juga. Ada tambahan Belanja mengenai Bantuan Kesehatan, Bantuan Sosial dan DAK Fisik. 

Sri Mulyani juga menjelaskan, TKDD Tahun 2020 untuk Penanganan Covid- 19, dalam Penyesuaiannya dari Pagu Alokasi DAK Fisik dan DAK Nonfisik Pasca Penetapan Peraturan Presiden (Perpres) No.54 Tahun 2020.

Ditambahkan Sri Mulyani, mengenai BOK untuk Barang Medis dalam rangka Covid- 19 ini, seperti, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, Target Penerimaan, Besaran Dana jangka waktu, Data KPM dan Penyaluran.

Lanjut Sri Mulyani, mengenai Outlook APBD 2020 berdasarkan Perpres No. 54 Tahun 2020, koordinasi perlu dilakukan untuk Penanganan Pandemi Covid- 19 dan Dampak Ekonomi Sosial melalui Penyesuaian dan Realokasi APBD.

Dalam kesempatan itu juga, Mendagri  menyampaikan rapat ini membahas beberapa hal diantaranya bagaimana Pencegahan Penyebaran Covid- 19. Dan juga bagaimana Peningkatan Kekebalan Tubuh masyarakat di setiap Daerah.

Agar dapat terhindar dari Covid- 19, ini berpedoman dengan manajemen Penanganan Covid- 19 dan dampaknya bagi Pemerintah.

Menurut Tito Karnavian, setiap Daerah harus meningkatkan upaya Penanganan Pandemi Covid- 19 di wilayahnya Masing – masing.

Sementara itu, Menteri Kesehatan  Terawan Agus Putranto, menambahkan pihaknya akan menyusun Insentif Tenaga Kesehatan dengan berkonsultasi langsung dengan Menteri Keuangan, agar lebih gampang dan jelas. | *

Tinggalkan Balasan

error: Apo kabar Boss ???
%d blogger menyukai ini: