Musi Rawas

Penanggulangan Narkoba Masuk RPJMD, Misi Kedua ‘Musi Rawas MANTAB’

MUSI RAWAS – | Upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya Narkoba merupakan salah satu isu strategis pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) Tahun 2021 – 2026.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Mura, Nanti Kasih melalui Kabid Program, Data dan Evaluasi (Prodatev), Anandito menyampaikan penanggulangan Narkoba masuk pada Misi kedua pada RPJMD dengan Arah Kebijakan dari Misi, Membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

“RPJMD yang akan disusun harus memuat Visi dan Misi Bupati/Wakil Bupati terpilih periode ini.

Visinya, Terwujudnya Musi Rawas Maju, Mandiri dan Bermartabat (MANTAB)

Sedangkan Misinya terangkum pada empat program strategis, yakni : Pertama, Mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis Teknologi Informasi. Kedua, Membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Kemudian, Ketiga, Pemerataan infrastruktur berwawasan lingkungan dan Keempat, Memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat,” paparnya saat dibincangi dikantornya, Selasa (20/04/2021).

Menurutnya, penanggulangan Narkoba masuk pada Misi kedua, karena menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Mura, yang berkualitas sehingga dapat mendukung daya saing daerah, dengan kelengkapan infrastruktur dasar berbasis lingkungan dan ketahanan ekonomi yang kuat.

“Dari Misi kedua ini, ada item Arah Kebijakan dan Strategi. Disinilah dituangkan tentang upaya peningkatan SDM seperti agama, pendidikan termasuk juga program bebas atau bersih dari Narkoba.

Dari item Arah Kebijakan dan Strategi tersebut, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat mengambil peran program dan penganggarannya,” tutupnya. | *

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: