MusiRawas.com

Inovasi Dispora Target KLP Ketiga di Sumsel

AGROPOLITAN CENTER – | Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Musi Rawas (Mura), terus melakukan inovasi maupun pembenahan dalam mewujudkan Musi Rawas menjadi Kabupaten Layak Pemuda (KLP).

Kepala Dispora Kabupaten Mura, Dien Candra, didampingi Kabid Pemberdayaan Pemuda, Ruli Ade, saat dibincangi awak media, Senin, (01/02/2021) mengatakan, KLP merupakan program prioritas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Untuk mewujudkan KLP, diperlukan komitmen bersama yang kuat dari Pemerintah Daerah dan dukungan Masyarakat Mura,” kata Dien.

Dikatakannya, melalui Dispora, Pemkab Mura sangat antusias memperhatikan peran aktif para Pemuda dalam hal Pembangunan Kabupaten disegala sektor. Dimulai dari sektor Olahraga, Sektor Agama, Sektor Seni Budaya dan Sektor Ekonomi.

“Keseriusan Pemkab Mura akan hal tersebut dengan adanya Peraturan Bupati (Perbup) yang juga telah diusulkan untuk di segerakan dengan Pengesahan Peraturan Daerah (Perda), tentang KLP,” ungkapnya.

Dien menambahkan, pihaknya sudah mempersiapkan semua segala hal yang berhubungan langsung dengan KLP, sejak tahun 2020 lalu.

“Seharusnya program ini sudah berjalan tahun 2020 lalu. Namun, dengan mewabahnya pandemi Covid-19 berdampak pada anggaran. Akan tetapi tidak menyurutkan kami untuk melanjutkannya tahun 2021 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Dien menjelaskan, di Propinsi Sumsel baru dua Kabupaten/Kota yang telah sukses dan mendapatkan penghargaan KLP yakni, Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Tujuan dari KLP ini, sambung Dien, untuk menampung para Pemuda yang kreatif dan inovatif di wilayah Kabupaten Mura. Saat ini Pemkab Mura sudah berupaya dengan mempersiapkan Fasilitas beberapa penunjang seperti Fasilitas Gedung Olahraga.

“Mudah-mudahan tahun 2021 ini, kita dapat menyukseskan Kabupaten Mura yang kita cintai ini menjadi KLP,” harap Dien.

Tahun 2020 lalu, sambung Kabid Pemberdayaan Pemuda, pihaknya sudah mulai melakukan berbagai persiapan dalam menyukseskan program KLP tersebut.

“Kita sudah membuat suatu ruangan khusus di kantor Dispora ini, sebagai tempat Pemuda untuk berdiskusi dan berkumpul dalam menyusun program dan gagasan apa yang akan dilaksanakan,” kata Ruli.

Akan tetapi, lanjut Ruli, semua itu terhambat karena ada Refocusing Anggaran akibat dari Wabah Covid- 19. Namun hal ini tak menyurutkan pihaknya untuk tetap fokus tahun 2021 dengan telah disahkannya Perbub No. 214/KPTS/Dispora/2020, tentang membentuk Tim Teknis kegiatan Perluasan Penyusunan Rencana Aksi Daerah KLP.

“Kita berupaya ditahun 2021 ini, untuk menjadikan Kabupaten Mura sebagai KLP yang ke tiga di Sumsel setelah Kota Palembang dan Kabupaten Muba. Dan kami juga yakin dengan adanya dukungan semua pihak, Program Kabupaten Musi Rawas Layak Pemuda akan sukses direalisasikan,” tutupnya. | *

Tinggalkan Balasan

error: Apo kabar Boss ???
%d blogger menyukai ini: